MEMAHAMI
SISTEM BISNIS AMERIKA SERIKAT
Bagian 1. Memahami Lingkungan Bisnis Masa Kini
1. Mendefinisikan
sifat bisnis Amerika serikat dan identifikasi tujuan utamanya.
·
bisnis(perusahaan)
adalah organisasi yang menyediakan barang atau jasa dengan maksud mendapatkan
laba.
·
Laba
adalah
selisih antara penerimaan dengan biaya-biaya bisnis.
·
Pilihan
dan permintaan konsumen
·
Wirausaha
dan kesempatan
·
Kualitas
kehidupan
2. Menelusuri
riwayat bisnis dan perubahan pandangan akuntabilitas bisnis di Amerika Serikat
Evolusi
bisnis di Amerika Serikat
·
Sistem
Pabrik dan Revolusi Industri
Revolusi Industri adalah perubahan besar dalam produksi pada pertengahan abad ke-18 dengan cirri pergeseran menuju ke system pabrik, produksi missal, dan spesialisasi tenaga kerja.
Revolusi Industri adalah perubahan besar dalam produksi pada pertengahan abad ke-18 dengan cirri pergeseran menuju ke system pabrik, produksi missal, dan spesialisasi tenaga kerja.
·
Laissez-Faire dan Era Kewirausahaan
laissez-faire merupakan prinsip dimana pemerintah seharusnya tidak campur tangan dalam perekonomian, tetapi membiarkan fungsiu bisnis berjalan tanpa kebijakan pemerintah dan sesuai dengan hokum-hukum “alami”-nya.
laissez-faire merupakan prinsip dimana pemerintah seharusnya tidak campur tangan dalam perekonomian, tetapi membiarkan fungsiu bisnis berjalan tanpa kebijakan pemerintah dan sesuai dengan hokum-hukum “alami”-nya.
·
Era
Produksi
era produksi merupakan periode sekitar awal abad ke-20 di mana bisnis Amerika Serikat berfokus pada peningkatan produktivitas dan evisiensi pabrik.
era produksi merupakan periode sekitar awal abad ke-20 di mana bisnis Amerika Serikat berfokus pada peningkatan produktivitas dan evisiensi pabrik.
·
Era
Pemasaran
konsep pemasaran yaitu filosofi bahwa agar dapat mendatangkan keuntungan, bisnis harus berfokus pada identifikasi dan pemuasan keinginan konsumen.
konsep pemasaran yaitu filosofi bahwa agar dapat mendatangkan keuntungan, bisnis harus berfokus pada identifikasi dan pemuasan keinginan konsumen.
·
Era
Global
kemajuan teknologi, computer, system informasi dan kemampuan alat komunikasi yang menjadi saksi munculnya perekonomian global yang nyata.
kemajuan teknologi, computer, system informasi dan kemampuan alat komunikasi yang menjadi saksi munculnya perekonomian global yang nyata.
·
Era
Informasi
makin marak dan berkembang tentang penggunaan internet di Amerika.
makin marak dan berkembang tentang penggunaan internet di Amerika.
3. Menjelaskan
berbagai jenis system ekonomi berdasarkan cara pengendaliaan factor-faktor
produksi melalui pasar input dan output.
Sistem
Ekonomi di Berbagai Belahan Dunia
System
ekomomi merupakan system dari suatu Negara untuk mengalokasikan
sumber daya kepada warga Negaranya.
·
Faktor-faktor
Produksi
faktor-faktor produksi adalah sumber daya yang digunakan dalam produksi barang dan jasa, sumber daya alam, tenaga kerja, modal, wirausahawan oleh perusahaan-perusahaan di suatu Negara.
faktor-faktor produksi adalah sumber daya yang digunakan dalam produksi barang dan jasa, sumber daya alam, tenaga kerja, modal, wirausahawan oleh perusahaan-perusahaan di suatu Negara.
Ø Tenaga Kerja
merupakan orang-orang yang bekerja di bisnis.
tenaga kerja(sumber daya manusia) yaitu kemampuan fisik dan mental orang-orang sewaktu mereka berkontribusi pada produksi di dalam perekonomian.
merupakan orang-orang yang bekerja di bisnis.
tenaga kerja(sumber daya manusia) yaitu kemampuan fisik dan mental orang-orang sewaktu mereka berkontribusi pada produksi di dalam perekonomian.
Ø Modal
adalah dana yang dibutuhkan untuk menciptakan dan menjalankan perusahaan/bisnis.
adalah dana yang dibutuhkan untuk menciptakan dan menjalankan perusahaan/bisnis.
Ø Wirausahawan
adalah individu yang melihat peluang dan mau menanggung risiko yang timbul dari penciptaan dan pengoperasian usaha bisnis baru.
adalah individu yang melihat peluang dan mau menanggung risiko yang timbul dari penciptaan dan pengoperasian usaha bisnis baru.
Ø Sumber Daya Fisik
merupakan hal-hal berwujud yang digunakan oleh organisasi dalam melaksanakan bisnis mereka.
merupakan hal-hal berwujud yang digunakan oleh organisasi dalam melaksanakan bisnis mereka.
Ø Sumber Daya Informasi
yaitu data/informasi lain yang digunakan oleh bisnis.
yaitu data/informasi lain yang digunakan oleh bisnis.
·
Jenis-jenis
Sistem Ekonomi
bedasarkan cara pengambilan keputusan atas produksi dan alokasi :
bedasarkan cara pengambilan keputusan atas produksi dan alokasi :
Ø Perekonomian terpimpin
perekonomian yang mengandalkan pemerintah terpusat untuk mengendalian semua atau sebagian besar faktor produksi dan untuk membuat semua atau sebagian besar keputusan produksi dan alokasi.
perekonomian yang mengandalkan pemerintah terpusat untuk mengendalian semua atau sebagian besar faktor produksi dan untuk membuat semua atau sebagian besar keputusan produksi dan alokasi.
Ø Perekonomian Pasar
perekonomian dimana individu-individu mengendalikan keputusan produksi dari alokasi melalui penawaran dan permintaan.
pasar adalah mekanisme pertukaran antara pembeli dan penjual barang dan jasa tertentu
perekonomian dimana individu-individu mengendalikan keputusan produksi dari alokasi melalui penawaran dan permintaan.
pasar adalah mekanisme pertukaran antara pembeli dan penjual barang dan jasa tertentu
Ø Pasar Input dan Output
Pasar Input yaitu pasar tempat perusahaan membeli sumber daya dan pemasok rumah tangga.
pasar Output yaitu pasar tempat perusahaan memnyediakan barang dan jasa sebagai tanggapan atas permintaan dari pihak rumah tangga.
Pasar Input yaitu pasar tempat perusahaan membeli sumber daya dan pemasok rumah tangga.
pasar Output yaitu pasar tempat perusahaan memnyediakan barang dan jasa sebagai tanggapan atas permintaan dari pihak rumah tangga.
Ø Kapitalisme
adalah perekonomian pasar yang memberikan kepemilikan produksi pribadi dan yang mendorong kewirausahaan dengan menawarkan laba sebagai insentif.
adalah perekonomian pasar yang memberikan kepemilikan produksi pribadi dan yang mendorong kewirausahaan dengan menawarkan laba sebagai insentif.
Ø Perekonomian Pasar Campuran (mixed market)
adalah perekonomian yang menampilkan sifat-sifat perekonomian terpinpin maupun perekonomian pasar.
privatisasi adalah proses perubahan perusahaan pemerintah menjadi milik swasta.
sosialisme merupakan Sistem ekonomi terpimpin di mana pemerintah hanya memiliki dan menjalankan sumber produksi terpilih.
adalah perekonomian yang menampilkan sifat-sifat perekonomian terpinpin maupun perekonomian pasar.
privatisasi adalah proses perubahan perusahaan pemerintah menjadi milik swasta.
sosialisme merupakan Sistem ekonomi terpimpin di mana pemerintah hanya memiliki dan menjalankan sumber produksi terpilih.
4. Memperlihatkan
damapak permintaan dan penaawran pada distribusi sumber daya di Amerika
Serikat.
Perekonomian Sistem Pasar
Perekonomian Sistem Pasar
·
Permintaan
dan Penawaran dalam perekonomian Pasar
Permintaan kemauan
dan kemampuan pembeli untuk membeli barang atau jasa tertentu.
penawaran kemampuan dan kemauan produsen untuk menawaran barang atau jasa tertentu untuk dijual.
penawaran kemampuan dan kemauan produsen untuk menawaran barang atau jasa tertentu untuk dijual.
hukum permintaan Prinsip
bahwa pembeli akan meminta lebih banyak
produk ketika harganya turun dan lebih sedikit produk ketika harganya
meningkat.
hukum penawaran prinsip bahwa produsen akan menawarkan lebih banyak produk untuk dijual ketika harganya naik dan lebih sedikit produk ketika harganya turun.
hukum penawaran prinsip bahwa produsen akan menawarkan lebih banyak produk untuk dijual ketika harganya naik dan lebih sedikit produk ketika harganya turun.
·
mekanisme
permintaan dan penawaran
·
daftar
permintaan dan penawaran penilaian hubungan antara level harga
yang berbeda-beda.
·
kurva
permintaan dan penawaran
ü Kurva permintaan grafik
yang menunjukkan berapa banyak jumlah produk yang akan diminta (dibeli) pada
harga yang berbeda-beda.
ü Kurva penawaran grafik
yang menunjukkan berapa banyak jumlah produk akan disediakan (ditawarkan untuk
dijual) pada harga yang berbeda-beda.
·
Harga
pasar / harga ekuilibrium harga yang memaksimalkan laba di mana
jumlah barang yang dimana sama dengan jumlah barang yang ditawarkan.
·
Suplus
dan Defisit
suplus situasi dimana jumlah yang ditawarkan melebihi jumlah yang diminta.
deficit situasi dimana jumlah yang diminta melebihi jumlah yang ditawarkan.
suplus situasi dimana jumlah yang ditawarkan melebihi jumlah yang diminta.
deficit situasi dimana jumlah yang diminta melebihi jumlah yang ditawarkan.
5. Mengidentifikasikan
unsur-unsur perusahaan swasta dan menjelaskan bermacam-macam tingkat persaingan
dalam system ekonomi Amerika Serikat
Perusahaan
Swasta dan Persaingan di Perekonomian Pasar
·
perusahaan
swasta system ekonomi yang memperbolehken individu-individu
memenuhi kepentingan pribadi mereka tanpa pembatasan pemerintah yang tidak
semestinya.
a.
Hak
property pribadi
b.
Kebebasan
memilih
c.
Laba
d.
Persaingan
·
Tingkat
persaingan
Ø Persaingan sempurna
pasar atau industry yang dicirikan oleh perusahaan kecil yang banyak jumlahnya dan membuat produk yang sama.
- semua perusahaan dalam suatu industry harus berrskala kecil.
pasar atau industry yang dicirikan oleh perusahaan kecil yang banyak jumlahnya dan membuat produk yang sama.
- semua perusahaan dalam suatu industry harus berrskala kecil.
- Jumlah
perusahaan dalam industry harus banyak
prinsip
1. Produk mirip
prinsip
1. Produk mirip
2.
mengetahui harga pasar
3.
mudah masuk atau meninggalkan pasar
4.
harga ditentukan oleh penawaran dan permintaan serta dapat diterim oleh penjual
maupun pembeli.
Ø Persaingan monopolistic
pasar atau industry yang dicirikan oleh banyak pembeli dan relative banyak penjual yang berusaha membedakan(mendiferensiasi) produk mereka dari para pesaingnya.
pasar atau industry yang dicirikan oleh banyak pembeli dan relative banyak penjual yang berusaha membedakan(mendiferensiasi) produk mereka dari para pesaingnya.
Ø Oligopoly
pasar atau industry yang dicirikan oleh penjual yang sedikit (umumnya berskala sangat besar) yang mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi harga produk-produk mereka.
Monopoli
pasar atau industry yang dicirikan oleh penjual yang sedikit (umumnya berskala sangat besar) yang mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi harga produk-produk mereka.
pasar atau industry di mana hanya ada satu produsen yang dapat menetapkan harga produk-produknya.
monopoli alami industry di mana satu perusahaan dapat menyediakan semua barang atau jasa yang dibutuhkan dengan cara yang paling efisien
terima kasih materinya sangat membantu dan menambah wawasan saya
BalasHapusMy Blog