Minggu, 22 September 2013

PENGANTAR BISNIS BAB 3





  
A.   Individu  Mengembangkan Kode Etik Pribadinya Serta Pentingnya Kode Etik Di tempat Kerja

 Etika adalah keyakinan tentang yang benar atau salah dan yang baik atau buruk.
Ø  Perilaku etis adalah perilaku yang sesuai dengan individual dan norma social tentang tindakan yang benar dan baik.
Ø  Perilaku tidak etis adalah perilaku yang menurut individual dan norma social, salah dan buruk.
Ø  Etika bisnis merujuk pada perilaku manager dan karyawan organisasi.
Ø  Etika menejerial adalah standar-standar perilaku yang memandu para meneger. Ada tiga macam etika menegerial yang mempengaruhi kinerja seseorang ,yaitu :
·         Perilaku terhadap karyawan
·         Perilaku terhadap organisasi
·         Perilaku terhadap agen lainya

Ø  Tiga macam langkah model penerapan penilaian etis terhadap situasi bisnis :
1)      Pengumpulan informasi factual yang relevan
2)      Peninjauan fakta untuk menentukan nilai moral yang paling sesuai
3)      Penyusunan penilaian etis berdasarkan benar salahnya kebijakan yang diusulkan

Ø  Empat prinsip yang mempengaruhi :

ü    Kegunaan (utility)
ü    Hak (right)
ü    Keadilan (justice)
ü    Kepedulian (caring)





B. Tanggung Jawab Social 



Tanggung jawab social adalah usaha suatu bisnis menyeimbangkan komitmenya terhadap kelompok dan individu dalam lingkungannya, yang meliputi konsumen, bisnis lain, investor, dan komunitas local.
Pihak yang berkepentingan dalam organisasi adalah kelompok, orang, dan organisasi yang langsung dipengaruhi oleh praktik organisasi itu dan oleh karenanya,dipengaruhi kinerja perusahaan. Perusahaan akan lebih terfokus pada lima kelompok berikut :
1)      Pelanggan (mereka berusaha melayani pelanganya dengan wajar dan jujur,seperti menetapkan harga sewajarnya,menghargai garansi, memenuhi komitmen pengiriman,dan mempertahankan kualitas produk)
2)      Karyawan (merka meperlakukan karyawanya dengan adil,menganggap pekerja sabagai bagian dari tim dan saling menghormati)
3)      Investor(manager harus mengikuti proseduk akutansi yang pantas, memberikan informasi yang tepat, melindungi hak-hak investor)
4)      Pemasok(hubungan dengan pemasok harus di jaga dengan hati-hati)
5)      Masyarakat setempat(harus berusaha untuk bertanggung jawab secara social kepada masyarakat setempat)


 
 C. Menerapkan Konsep Tanggung  Jawab Sosial  pada  Masalah lingkungan Hidup 



Ketika menetapkan tanggung jawab social, maka perusahaan berhadapan pada empat bidang perhatian :
1.       Tanggung jawab terhadap lingkungan
Hakekat permasalahan yang timbul serta usaha yang dilakukan untuk menaggulanginya :

ü Polusi udara , perusahaan saat ini diharuskan memasang alat-alat khusus untuk membatasi polutan yang mereka keluarkan.
ü Polusi air,adanya larangan untuk membuang fosfat(bahan yang banyak ditemukan pada deterjen) di sungai.
ü Polusi tanah, menyelesaikan permasalah limbah padat  atau mendaur ulang barang yang sudah tidak terpakai.
ü Pembuangan limbah beracun, dengan cara filtrasi.

2.       Tanggung jawab terhadap pelanggan
Konsumerisme adalah bentuk aktivitas social yang ditunjukan untuk melindungi hak-hak konsumen dalam perssetujuan jual-beli dengan dunia bisnis.Hak-hak komsumen meliputi :
-          Hak atas produk yang aman
-          Hak mengetahui suatu aspek yang berkaitan dengan produknya
-          Hak untuk didengar
-          Hak untuk memilih apa yang mereka beli dan mendapatkan informasi
-          Hak untuk mendapatkan layanan yang ramah
-           
Kolusi adalah kesepakatan ilegal antara dua perusahaan atau lebih untuk bekerja sama dalam tindakan yang salah sebagai contohnya penetapan harga yang tidak wajar dan etika periklanan yang kurang tepat.

3.       Tanggung jawab terhadap karyawan
Mewujudkan tanggung jawab dalam hal perkkrutan, penerimaan, pelatihan, promosi, dan pemberian kompensasi pada karyawan.

Whistle-blower merupakan karyawan mendeteksi dan berusaha mengakhiri tindakan perusahaan yang tidak etis,tidak illegal, atau tidak memiliki tanggung jawab social dengan cara mempublikasikannya.

4.       Tanggung Jawab terhadap Penanaman Modal
Beberapa contoh kasus perusahaan yang tidak bertanggung jawab terhadap investor :
§  Managemen finansial yang tidak wajar
§  Cek kosong adalah praktek illegal yang menuliskan cek uangnya yang belum dikreditkan pada bank sewaktu cek tersebut dicairkan.
§  Insider Trading adalah praktik illegal dengan mengunakan informasi rahasia perusahaan untuk mendapatkan keuntungan pribadi.
§  Penyimpangan laporan keuangan
D. Mengimplementasikan Program Tanggung Jawab Sosial
 




Pendekatan tanggung tawab sosial meliputi :

Ø  Sikap Obstruktif adalah pendekatan terhadap tanggung jawab social yang melibatkan tindakan seminimal mungkin dan mungkin melibatkan usaha-usaha menolak atau menutupi pelanggaran.
Ø  Sikap Defensif adalah pendekatan tanggung jawab social yang ditandai dengan perusahaan hanya memenuhi persyaratan hokum secar minimum atas komitmenya terhadap kelompok dan individu dalam lingkungan sosialnya.
Ø  Sikap Akomodatif adalah pendekatan tanggung jawab social yang diterapkan suatu perusahaan dengan melakukannya apabila diminta melebihi persyaratan hokum minimum dalm komitmenya terhadap kelompok dan individu dalam lingkungan sosialnya.
Ø  Sikap Proaktif adalah pendekatan tanggung jawab social yang diterapkan suatu perusahaan secara aktif mencari peluang untuk memberikan sumbangan demi kesejahteraan kelompok dan individu dalam lingkungan sosialnya.
Audi social adalah sistematis mengenai keberhasilan perusahaan menggunakan dana yang ditetapkan untuk tujuan tanggung jawab social.
E. Tanggung jawab social dan Bisnis Kecil
 




Bagi para pelaku bisnis kecil isu etika adalah persoalan tentang etika individual ,tetapi dalam pertanyaan tentang tanggung jawab social mereka menanyakan  diri sendiri apakah mereka dapat menghasilkan agenda sosil .






1 komentar:

  1. Tungsten. T-Shirt | T-Shirts | T-Shirt
    T-Shirts are titanium paint color made for the most popular of T-Shirt brands, like T-Shirts, Classic T-Shirt, T-Shirt, and the T-Shirt. everquest titanium T-Shirts are made for titanium rings the most popular titanium knife of titanium bike frame T-Shirt brands, like T-Shirts, Classic T-Shirt

    BalasHapus