Minggu, 15 September 2013

Pengantar Bisnis Bagian 1 BAB 1

MEMAHAMI SISTEM BISNIS AMERIKA SERIKAT

Bagian 1. Memahami Lingkungan Bisnis Masa Kini
1.    Mendefinisikan sifat bisnis Amerika serikat dan identifikasi tujuan utamanya.
·         bisnis(perusahaan) adalah organisasi yang menyediakan barang atau jasa dengan maksud mendapatkan laba.
·         Laba adalah selisih antara penerimaan dengan biaya-biaya bisnis.
·         Pilihan dan permintaan konsumen
·         Wirausaha dan kesempatan
·         Kualitas kehidupan

2.    Menelusuri riwayat bisnis dan perubahan pandangan akuntabilitas bisnis di Amerika Serikat
Evolusi bisnis di Amerika Serikat
·         Sistem Pabrik dan Revolusi Industri
Revolusi Industri
adalah perubahan besar dalam produksi pada pertengahan abad ke-18 dengan cirri pergeseran menuju ke system pabrik, produksi missal, dan spesialisasi tenaga kerja.
·         Laissez-Faire dan Era Kewirausahaan
laissez-faire
merupakan prinsip dimana pemerintah seharusnya tidak campur tangan dalam perekonomian, tetapi membiarkan fungsiu bisnis berjalan tanpa kebijakan pemerintah dan sesuai dengan hokum-hukum “alami”-nya.
·         Era Produksi
era produksi
merupakan periode sekitar awal abad ke-20 di mana bisnis Amerika Serikat berfokus pada peningkatan produktivitas dan evisiensi pabrik.
·         Era Pemasaran
konsep pemasaran
yaitu filosofi bahwa agar dapat mendatangkan keuntungan, bisnis harus berfokus pada identifikasi dan pemuasan keinginan konsumen.
·         Era Global
kemajuan teknologi, computer, system informasi dan kemampuan alat komunikasi yang menjadi saksi munculnya perekonomian global yang nyata.
·         Era Informasi
makin marak dan berkembang tentang penggunaan internet di Amerika.

3.    Menjelaskan berbagai jenis system ekonomi berdasarkan cara pengendaliaan factor-faktor produksi melalui pasar input dan output.
Sistem Ekonomi di Berbagai Belahan Dunia
System ekomomi merupakan system dari suatu Negara untuk mengalokasikan sumber daya kepada warga Negaranya.
·         Faktor-faktor Produksi
faktor-faktor produksi
adalah sumber daya yang digunakan dalam produksi barang dan jasa, sumber daya alam, tenaga kerja, modal, wirausahawan oleh perusahaan-perusahaan di suatu Negara.
Ø  Tenaga Kerja
merupakan orang-orang yang bekerja di bisnis.
tenaga kerja(sumber daya manusia) yaitu kemampuan fisik dan mental orang-orang sewaktu mereka berkontribusi pada produksi di dalam perekonomian.
Ø  Modal
adalah dana yang dibutuhkan untuk menciptakan dan menjalankan perusahaan/bisnis.
Ø  Wirausahawan
adalah individu yang melihat peluang dan mau menanggung risiko yang timbul dari penciptaan dan pengoperasian usaha bisnis baru.
Ø  Sumber Daya Fisik
merupakan hal-hal berwujud yang digunakan oleh organisasi dalam melaksanakan bisnis mereka.
Ø  Sumber Daya Informasi
yaitu data/informasi lain yang digunakan oleh bisnis.
·         Jenis-jenis Sistem Ekonomi
bedasarkan cara pengambilan keputusan atas produksi dan alokasi :
Ø  Perekonomian terpimpin
perekonomian yang mengandalkan pemerintah terpusat untuk mengendalian semua atau sebagian besar faktor produksi dan untuk membuat semua atau sebagian besar keputusan produksi dan alokasi.
Ø  Perekonomian Pasar
perekonomian dimana individu-individu mengendalikan keputusan produksi dari alokasi melalui penawaran dan permintaan.
pasar
adalah mekanisme pertukaran antara pembeli dan penjual barang dan jasa tertentu
Ø  Pasar Input dan Output
Pasar Input
yaitu pasar tempat perusahaan membeli sumber daya dan pemasok rumah tangga.
pasar Output yaitu pasar tempat perusahaan memnyediakan barang dan jasa sebagai tanggapan atas permintaan dari pihak rumah tangga.
Ø  Kapitalisme
adalah perekonomian pasar yang memberikan kepemilikan produksi pribadi dan yang mendorong kewirausahaan dengan menawarkan laba sebagai insentif.
Ø  Perekonomian Pasar Campuran (mixed market)
adalah perekonomian yang menampilkan sifat-sifat perekonomian terpinpin maupun perekonomian pasar.
privatisasi adalah proses perubahan perusahaan pemerintah menjadi milik swasta.
sosialisme merupakan Sistem ekonomi terpimpin di mana pemerintah hanya memiliki dan menjalankan sumber produksi terpilih.

4.    Memperlihatkan damapak permintaan dan penaawran pada distribusi sumber daya di Amerika Serikat.
Perekonomian Sistem Pasar
·         Permintaan dan Penawaran dalam perekonomian Pasar
Permintaan kemauan dan kemampuan pembeli untuk membeli barang atau jasa tertentu.
penawaran
kemampuan dan kemauan produsen untuk menawaran barang atau jasa tertentu untuk dijual.
hukum permintaan Prinsip bahwa pembeli akan meminta lebih banyak  produk ketika harganya turun dan lebih sedikit produk ketika harganya meningkat.
hukum penawaran
prinsip bahwa produsen akan menawarkan lebih banyak produk untuk dijual ketika harganya naik dan lebih sedikit produk ketika harganya turun.
·         mekanisme permintaan dan penawaran
·         daftar permintaan dan penawaran penilaian hubungan antara level harga yang berbeda-beda.
·         kurva permintaan dan penawaran
ü  Kurva permintaan grafik yang menunjukkan berapa banyak jumlah produk yang akan diminta (dibeli) pada harga yang berbeda-beda.
ü  Kurva penawaran grafik yang menunjukkan berapa banyak jumlah produk akan disediakan (ditawarkan untuk dijual) pada harga yang berbeda-beda.
·         Harga pasar / harga ekuilibrium harga yang memaksimalkan laba di mana jumlah barang yang dimana sama dengan jumlah barang yang ditawarkan.
·         Suplus dan Defisit
suplus
situasi dimana jumlah yang ditawarkan melebihi jumlah yang diminta.
deficit situasi dimana jumlah yang diminta melebihi jumlah yang ditawarkan.
5.    Mengidentifikasikan unsur-unsur perusahaan swasta dan menjelaskan bermacam-macam tingkat persaingan dalam system ekonomi Amerika Serikat
Perusahaan Swasta dan Persaingan di Perekonomian Pasar
·         perusahaan swasta system ekonomi yang memperbolehken individu-individu memenuhi kepentingan pribadi mereka tanpa pembatasan pemerintah yang tidak semestinya.
a.            Hak property pribadi
b.            Kebebasan memilih
c.            Laba
d.            Persaingan
·         Tingkat persaingan
Ø  Persaingan sempurna
pasar atau industry yang dicirikan oleh perusahaan kecil yang banyak jumlahnya dan membuat produk yang sama.
- semua perusahaan dalam suatu industry harus berrskala kecil.
-       Jumlah perusahaan dalam industry harus banyak
prinsip
1. Produk mirip
2. mengetahui harga pasar
3. mudah masuk atau meninggalkan pasar
4. harga ditentukan oleh penawaran dan permintaan serta dapat diterim oleh penjual maupun pembeli.
Ø  Persaingan monopolistic
pasar atau industry yang dicirikan oleh banyak pembeli dan relative banyak penjual yang berusaha membedakan(mendiferensiasi) produk mereka dari para pesaingnya.
Ø  Oligopoly
pasar atau industry yang dicirikan oleh penjual yang sedikit (umumnya berskala sangat besar) yang mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi harga produk-produk mereka.
Monopoli
pasar atau industry di mana hanya ada satu produsen yang dapat menetapkan harga produk-produknya.
monopoli alami
industry di mana satu perusahaan dapat menyediakan semua barang atau jasa yang dibutuhkan dengan cara yang paling efisien

1 komentar: