Minggu, 22 September 2013

Pengantar Bisnis BAB 2



MEMAHAMI LINGKUNGAN BISNIS
1.   Menjelaskan konsep tentang batas organisasi dan lingkungan multi-organisasi
Batas organisasi adalah batas yang memisahkan organisasi dari lingkungannya.
lingkungan eksternal segala ssedsuatu di luar batas-batas organisasi yang mungkin mempengaruhi organisasi.
unsure yang tercakup dalam lingkungan organisasi perusahaan meliputi kondisi ekonomi, teknologi
, pertimbangan politik-hukum, isu social, lingkungan global, isu tanggung jawab etis dan social, lingkungan bisnis, da juga tantangan dan peluang yang muncul.

2.    Menjelaskan pentingnya lingkungan perekonomian bagi bisnis dan mengidentifikasikan factor-faktor yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja dari system ekonomi
Tujuan Amerika serikat adalah pertumbuhan ekonomi dan stabilitas ekonomi.
lingkungan ekonomi
adalah kondisi di tempat organisasi tertentu beroperasi.
sikus bisnis pola naik turun jangka pendek (ekspansi dan kontraksi) dalam sebuah perekonomian.
Hal saat terjadi pertumbuhan ekonomi :
1.     Jumlah Output per-kapita : jumlah barang dan jasa yang dihasilkan oleh system perorang naik
2.     Orang mendapatkan manfaat dari standar hidup yang lebih tinggi. Dapat membeli banyak barang dan jasa dengan uang mereka.
Jumlah output merupakan jumlah total barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu sistem ekonomi selama satu periode tertentu.
Standar hidup adalah total kualitas dan kualitas barang dan jasa yang dapat dibeli oleh warga suatu Negara dengan mata uang yang digunakan dalam system ekonomi.
Menjelaskan pentingnya lingkungan perekonomian
 Produk domestic bruto GDP adalah nilai total barang dan jasa yang diproduksi dalam periode tertentu oleh ekonomi nasional dengan seluruh factor produk domestic.
Jika GDP naik, jumlah output juga naik maka ada pertumbuhan ekonomi.
Produktivitas membandingkan berapa banyak yang diproduksi oleh system dengan berapa banyak sumber daya yang dibutuhkan untuk memproduksinya.
Produk nasional bruto(GNP) : total nilai barang dan jasa yang diproduksi secara nasional oleh suatu Negara dalam satu periode tertentu terlepas dari di mana factor produksi itu berada.
Penghambat pertumbuhan ekonomi : neraca perdagangan dan hutang nasional.
Neraca perdagangan : nilai ekonomis semua produk yang dieksporsebuah Negara dikurangi nilai ekonomis produk yang diimpor.
Neraca perdagangan positif : bila ekspor > impor
Neraca perdagangan negative : impor > ekspor (deficit perdagangan)
Hutang nasional : jumlah uang yang harus dibayarkan pemerintah kepada kreditornya.
GDP Riil : GDP yang dihitung untuk menanggapi perubahan nilai mata uang dan perubahan harga
GDP nominal : GDP yang diukur berdasar dolar terkini atau berdasar semua komponen yang dinilai dengan harga sekarang.
Keseimbangan daya beli  : prinsip bahwa nilai tukar ditetapkan sedemikian rupa sehingga harga produk yang sama di Negara berbeda, kurang lebih sama.
Stabilitas ekonomi : keadaan dalam system ekonomi di mana jumlah uang yang tersedia dan kualitas barang dan jasa yang diproduksi bertumbuh kira-kira pada tingkat yang sama. Ancaman utamanya : inflasi dan pengangguran.
Inflasi : kenaikan harga di seluruh system ekonomi.
Pengangguran : tidak adanya pekerjaan bagi mereka yang aktif mencari kerja.
Pemerintah mengelola ekonomi melalui 2 perangkat kebijakan :
Ø Mengelola penagihan dan pengeluaran pendapatannya melalui kebijakan fiscal , seperti kenaikan pajak.
Ø Kebijakan moneter berfokus pada pengendalian ukuran pasokan uang Negara.
Kebijakan fiscal dan kebijakan moneter yang diterapkan membentuk kebijakan stabilisasi(kebijakan perekonomian pemerintah yang tujuannya asalah memuluskan fluktuasi dalam output dan pengangguran serta mendtabilkan harga)
3.    Menggambarkan lingkungan teknologi dan peranannya dalam bisnis
Teknologi merujuk pada semua cara yang digunakan perusahaan untuk menciptakan nilai bagi konstituen mereka, termasuk pengetahuan manusia, metode kerja, peralatan fisik, elektronik dan telekomunikasi, serta berbagai sistem pengelolaan.
Teknologi produk dan jasa digunakan untuk memperbaiki kinerja perusahaan pada operasi internal (seperti akuntansi) dan membantu menciptakan hubungan yang lebih baik dengan konstituen eksternal, seperti pemasok dan pelanggan.
Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) : system informasi berskala besar untuk mengorganisasi dan mengelola proses perusahaan sepanjang lini produk, departemen, dan lokasi geografis.
ERP menyimpan informasi tentang kegiatan, mengoordinasi operasiinternal dengan aktivitas-aktivitas oleh pemasok luar dan pelanggan, menghasilkan keuangan permenit.

4.    Menggambarkan lingkungan hokum politik dan peranannya dalam bisnis.
Lingkungan politik-hukum mencerminkan hubungan antara bisnis dan pemerintah, biasanya dalam bentuk regulasi pemerintah.
Sentiment probisnis
Sentiment antibisnis
Stabilitas politik : satu pertimbangan penting untuk perusahaan internasional. Tidak ada bisnis yang ingin membuka perusahaan di Negara lain jika hubungan dagang Negara itu tidak stabil.

5.    Menggambarkan lingkungn social-budaya dan peranannya dalam bisnis
 Lingkungan Sosial mencakup kebiasaan, adat istiadat, nilai dan karakteristik demografis dari masyarakat dimana sebuah organisasi beroperasi.
Proses social budaya menentukan barang dan jasa serta standar perilaku bisnis yang ddihargai dan diterima masyarakat.
Factor social-budaya berpengaruh perasaan pekerja tentang pekerjaan dan organisasi mereka.
Dalam beberapa budaya, pekerjaan membawa makna social yang penting ; di tempat lain, pekerjaan hanyalah satu sarana untuk satu tujuan dan orang hanya memperhatikan soal upah dan keamanan keja.

6.    Mengidentifikasi munculnya tantangan dan peluang dalam lingkungan bisnis
Perusahaan yang lebih berhasil telah menggunakan cara-cara baru untuk menanggapi tantangan. Dengan mendefinisi ulang batasan-batasaqn tradisional, menggabungkan semuanya untuk mengembangkan barang dan jasa.
Outsourcing : stategi membayar pemasok dan distributor untuk melaksanakan proses bisnis tertentu atau menyediakan barang atau sumber daya yang dibutuhkan. Kelemahannya : hilangnya control perusahaan atas operasi dan informasi.
Pemasaran gaya virus (viral marketing) : strategi penggunaan pemasaran internet dan omongan dari mulut ke mulut untuk menyebarkan informasi produk.
Kelebihannya :
Ø orang mengandalkan internet untuk informasi yang seharusnya didapat dari durat kabar, majalah dan televisi.
Ø Unsur interaktif : pelanggan menjadi peserta dalam proses penyebaran omongan dengan melanjutkan informasi ke pengguna internet lainnya.
Manajemen proses bisnis : pendekatan yang ditempuh perusahaan untuk beralih dari organisai berorientasi-departemen ke struktur tim berorientasi proses yang melintasi batas-batas departemen.
Kelebihannya : pengambilan keputusan yang jauh lebih cepat dan lebih berorientasi pada pelanggan, bahan baku, dan kegiatan operasional lebih terkoordinasi, dan bentuk produk lebih cepat menjangkau pelanggan.

Sumber :
e-book bisnis edisi kedelapan jilid 1

                                                                                                                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar